Kamis, Oktober 01, 2009

BATIK untuk INDONESIAKU

2 Oktober 2009. Mari bersama kita teriakkan BATIK untuk INDONESIAKU. Sudahkah anda memakai batik hari ini?

Bangsa Indonesia yang sempat tertidur tiba-tiba dikejutkan dengan banyaknya warisan budaya yang sudah banyak diclaim oleh bangsa tetangga. termasuk diantaranya adalah reog ponorogo, wayang kulit, batik, cendol, ketupat dan banyak lagi. semudah itukah bangsa ini tercuri warisan budayanya?

Mari kita pertegas dari diri sendiri dulu. Apakah kita memang sudah mengenal warisan dan budaya kita sendiri? Ataukah hanya sebatas Batik, wayang kulit dan reog Ponorogo yang kita ketahui adalah budaya milik leluhur kita? Atau hanya kita tahu karena budaya tersebut telah diclaim oleh bangsa tetangga, sedangkan budaya-budaya kita yang lain yang belum diclaim malah kita belum tahu?

Mari kita bertanya pada diri kita sendiri. APAKAH KITA BENAR-BENAR MENGENAL BANGSA INDONESIA INI? APAKAH KITA MASIH MENGENAL LELUHUR KITA? atau bahkan kita malu mengakui bahwa kita adalah warga negara Indonesia tercinta? Mari kita tilik lagi kehidupan kita sebelum tragedi per-claim-an ini muncul di permukaan. Sudah sejauh mana kita menjadi warga negara Indonesia? atau kita kemarin sedang disibukkan oleh trend budaya luar negeri yang justru bertolak belakang dengan budaya kita sendiri?

hari ini tgl 2 oktober 2009, unesco mengkukuhkan kalo batik adalah warisan dari orang Indonesia, dan ketika anda melihat pada diri anda sendiri, katakan

"APAKAH SAYA TELAH MEMAKAI BAJU BATIK PADA TANGGAL 2 OKTOBER 2009?"

"APAKAH SAYA TELAH MAU MENDUKUNG BANGSA INI UNTUK MEMPERTAHANKAN BUDAYA DALAM NEGRI?"

"ATAU APAKAH SAYA LEBIH SIBUK DENGAN URUSAN LAIN DAN MEMBIARKAN TEMAN DAN SAUDARA SAYA YANG BERJUANG MEMPERTAHANKAN BUDAYA LELUHUR SAYA INI?"

Lalu jika semua orang memikirkan hal yang sama pada pertanyaan yang ke TIGA tadi, lalu siapa yang akan bergerak membela budaya tanah air kita?

Mari kita sekali lagi pertegas pada diri kita sendiri bahwa

"AKU CINTA INDONESIA."
"AKU CINTA BUDAYA LELUHURKU."
"KARENA AKU CINTA BUDAYA INDONESIA."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar